Jumat, 19 November 2010

TUGAS 7

Nama : Nurdiani Sabila
Kelas : 1EB02
NPM : 25210157
Pengantar Bisnis

1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran!
  1. konsep produksi
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah
  1. konsep produk
adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik
  1. konsep penjualan
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu di pengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan
  1. konsep pemasaran
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan
  1. konsep pasar
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan

2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran
Pasar
adalah tempat bertemunya produsen dan konsumen yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa
Pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan

3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran?
            Kebutuhan
adalah ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia.
Keinginan
adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.

4. Jelaskan dengan singkat, apa yang dimaksud dengan marketing mix ?
Marketing mix adalah kombinasi dari 4 variabel/kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Atau dengan kata lain, marketing mix merupakan kupulan variabel-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan/bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen

SUMBER
Dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar